Tips agar Tidak Panik Sebelum Berangkat ke Luar Negeri

Pertama kalinya Anda ke luar negeri bisa saja terjadi saat mendapatkan tugas dinas dari kantor. Beberapa kantor biasanya akan melakukan konfirmasi sebelum memesan tiket pesawat. Anda perlu memastikan bahwa semua dokumen terkait keberangkatan sudah diurus sesuai ketentuan.

Mungkin Anda juga akan diminta untuk dapat memilih maskapai penerbangan sendiri. Selain fasilitas yang disediakan kantor, semua akomodasi sebaiknya Anda komunikasikan terlebih dahulu, terutama untuk urusan yang terkait dengan faktor keselamatan selama perjalanan. Selain dokumen, pastikan juga semua kebutuhan personal sudah Anda persiapkan dengan matang sebelum keberangkatan.

Persiapkan Visa Perjalanan

Melakukan perjalanan ke luar negeri tidak hanya membutuhkan paspor. Paspor hanya digunakan sebagai tanda pengenal yang harus bawa kemana-mana. Pada dasarnya, hal penting yang harus tertera di paspor adalah izin kunjungan (visa).

Setiap negara memiliki persyaratan pengajuan visa yang berbeda, mulai dari dokumen kewarganegaraan, kesehatan, dan juga pendapatan. Tidak semua negara bisa memberikan visa dengan mudah. Karena ada kemungkinan pengajuan visa ditolak, pastikan Anda mendaftar sejak jauh-jauh hari agar bisa melakukan pengajuan ulang.

Bawa Obat-obatan dan Makanan Kecil

Beberapa maskapai memberikan layanan makanan saat penerbangan, terutama untuk penerbangan jarak jauh. Jika Anda memiliki alergi, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu bahan masakan yang tersedia di pesawat. Pastikan juga Anda membawa obat-obatan pribadi agar bisa tetap nyaman meski ada sakit ringan yang kambuh saat penerbangan berlangsung.

Jika Anda punya riwayat mabuk perjalanan, pastikan juga untuk memilih tempat duduk yang nyaman. Manfaatkan layanan seat selection Traveloka untuk mendapatkan tempat duduk yang strategis, baik di dekat jendela, atau di dekat lorong agar mudah keluar saat ingin ke toilet.

Buat Itinerary Perjalanan yang Lengkap

Anda akan datang ke negara yang belum pernah didatangi sama sekali. Oleh karena itu, penting untuk membuat daftar perjalanan atau itinerary. Mulai dari persiapan keberangkatan sebelum boarding, penjemputan di negara tujuan, dan juga pilihan transportasi yang digunakan.

Untuk itu, Anda perlu memastikan apakah penerbangan berjalan tepat waktu atau tertunda. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah jika melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Traveloka. Layanan Flight Status Traveloka memungkinkan Anda untuk membagikan informasi perjalanan dengan orang lain, sehingga mempermudah jika Anda akan dijemput di negara tujuan.

Rencanakan Packing Barang Bawaan

Meski hanya pergi untuk 1-2 hari saja, pastikan Anda membawa satu set pakaian ekstra di dalam tas. Dengan persiapan ini, Anda tidak akan kebingungan ketika pakaian kotor atau basah terkena air hujan sebelum meeting dengan klien.

Jika Anda pergi untuk waktu yang cukup lama, pastikan Anda memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar untuk menyimpan koper. Setiap maskapai penerbangan memiliki ketentuan yang berbeda untuk memberikan layanan bagasi gratis.

Jika maskapai yang Anda gunakan hanya memberikan slot penyimpanan barang di kabin, sebaiknya pilih pemesanan bagasi secara online. Hal ini jauh lebih mudah karena Anda tidak perlu lagi antre untuk melakukan pembayaran di bandara. Layanan baggage allowance dari aplikasi Traveloka bisa Anda gunakan agar semua data terekam dengan aman di dalam smartphone.

Perjalanan ke luar negeri tentunya akan lebih menyenangkan jika semua sudah dipersiapkan dengan matang. Oleh karena itu, jika ingin perjalanan Anda lebih praktis, lakukan pemesanan tiket lewat aplikasi Traveloka!

Reporter: Sponsored
Editor: cecilia valencia

Reporter: Sponsored
Editor: cecilia valencia