Liburan ke Luar Negeri Bebas Khawatir dengan 5 Tips Ini

Punya kesempatan untuk liburan ke luar negeri tentu merupakan hal yang menyenangkan, terlebih jika ini adalah pengalaman pertama Anda. Tentunya, segala persiapan dan bayangan tentang apa yang terjadi nanti telah memenuhi kepala. Meski demikian, terkadang masih ada hal-hal yang luput dari persiapan Anda.

Untuk itu, sebelum pergi ke luar negeri ada baiknya Anda membuat list barang bawaan agar tak ada yang tertinggal saat liburan nanti. Berikut 5 tips agar persiapan liburan Anda ke luar negeri berjalan lancar:

Membawa salinan dokumen penting

Meskipun dianggap penting, masih saja ada yang mengabaikan tips sederhana ini. Perlu diperhatikan, saat ke luar negeri selalu siapkan salinan dokumen penting seperti paspor dalam bentuk digital dan kertas fisik. Salinan berupa kertas fisik masih diperlukan karena smartphone yang Anda bawa bisa saja hilang atau kehabisan baterai dalam kasus terburuknya.

Selain itu, jangan lupa untuk mencatat atau membawa kartu nama hotel tempat menginap. Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika Anda tersesat dan lupa alamat penginapan. Jika pergi dengan rombongan, pastikan agar semua orang punya kartu nama fisik yang Anda perlu bawa kemana-mana saat berada di sana.

Hindari menjadi pahlawan di negeri asing

Bersikap baik di mana pun Anda berada memang tindakan yang sungguh terpuji. Namun, sebaiknya Anda menjaga niat untuk selalu melakukan kebaikan di negeri asing seperti menggagalkan usaha pencopetan di tempat umum atau berusaha menengahi orang yang sedang berkelahi. Keselamatanmu sendiri adalah hal yang penting untuk selalu dijaga selama liburan. Meskipun begitu, Anda tetap bisa melakukan kebaikan sederhana lain seperti memberi tempat duduk pada orang yang membutuhkan di bus atau kereta.

Selalu berkabar ke orang rumah

Anda perlu memberi tahu keluarga tentang keadaan selama berada di luar negeri. Untuk itu, usahakan selalu mengabari mereka setidaknya dua kali dalam sehari. Pertama, saat pagi hari usahakan beri tahu mereka tentang rencana kegiatan Anda di hari tersebut agar mereka memiliki “jejak” dan informasi seandainya terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Selanjutnya, waktu yang tepat kedua adalah di malam hari setelah selesai melakukan aktivitas di hari tersebut. Beri kabar keluarga bahwa Anda sudah berada di penginapan agar mereka tak perlu khawatir di sana.

Ikuti aturan norma / adat setempat

Setiap tempat tentu memiliki aturan yang harus diikuti, baik oleh warga lokal maupun pendatang. Aturan terikat mungkin jarang ditemui di kota-kota besar. Namun, jika berkunjung ke kota atau daerah yang masih memegang erat adat leluhurnya hampir dipastikan akan terdapat banyak aturan yang harus Anda ikuti.

Sebagian daerah yang sangat memegang teguh adat leluhurnya juga terkadang tak sungkan menerapkan hukuman yang sama pada pendatang. Jadi, jangan pernah berpikir untuk melanggar aturan dengan sengaja jika tak ingin terkena sanksi yang berlaku.

Beli paket internet luar negeri sebelumnya

Internet selalu menjadi kebutuhan di mana pun Anda berada. Oleh karena itu, paket internet patut dimasukkan ke dalam persiapan pokok saat liburan ke luar negeri. Selama liburan, Anda akan butuh internet untuk berkabar dengan keluarga di rumah ataupun untuk keperluan mencari informasi seperti petunjuk jalan, rekomendasi tempat, hingga update media sosial.

Berbagai cara untuk terus terhubung selama liburan di luar negeri bisa dilakukan dengan menggunakan WiFi di tempat umum ataupun menggunakan paket roaming. Salah satu paket roaming yang menjadi andalan saat berada di luar negeri adalah Telkomsel. Pasalnya, Telkomsel terkenal dengan jaringan internet luar negerinya yang kuat.

Paket internet luar negeri Telkomsel bisa Anda beli dengan mudah di Traveloka App melalui fitur Internet Luar Negeri. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli melalui Traveloka seperti kemudahan transaksi hingga potongan harga. Agar lebih efektif, Anda bisa lakukan transaksi pembelian paket internet luar negeri Telkomsel setelah memesan tiket pesawat dan penginapan. Jadi lebih mudah, bukan?

Itu dia 5 tips yang bisa membantu kamu bebas khawatir saat liburan ke luar negeri. Dengan memperhatikan kelima tips di atas, persiapan liburan kamu pun bisa berjalan dengan lebih lancar. Jangan sampai ada yang terlewat lagi, ya!

Reporter: Sponsored
Editor: cecilia valencia

Reporter: Sponsored
Editor: cecilia valencia