5 Tips Wisata Hemat Saat Liburan ke Malaysia

Berwisata ke luar negeri tentu akan memberikan pengalaman baru bagi banyak orang. Pengalaman yang didapatkan bisa menjadi sangat berkesan terlebih jika di sana Anda bisa menemukan berbagai hal menarik. Destinasi wisata luar negeri tak perlu jauh, Malaysia bisa Anda pilih untuk merasakan banyak pengalaman seru.

Lokasinya yang dekat dengan Indonesia menjadikan biaya transportasi ke Malaysia cukup terjangkau. Budayanya yang serupa menjadikan wisatawan dari Indonesia merasa cepat akrab dengan tetap mendapatkan pengalaman baru. Tak hanya itu, Malaysia juga menyediakan banyak produk unik berkualitas baik dengan harga miring bagi para pencinta belanja. Agar belanja lebih seru, ada beberapa tips hemat saat liburan ke Malaysia untuk Anda terapkan seperti berikut:

1. Makan di kedai pinggir jalan

Cara paling asyik mengenali suatu tempat secara lebih mendalam adalah melalui kulinernya. Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang mengesankan adalah dengan mencoba berbagai street food-nya. Anda bisa mengunjungi pasar tradisional yang menyediakan pujasera agar lebih mengenal tradisi dan makanan khas di sana.

Selain itu, pilihan makanan di berbagai kedai pinggir jalan biasanya lebih beragam dengan rasa autentik karena diolah oleh orang setempat. Menariknya, di sana Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada di restoran. Sangat cocok untuk berhemat, tentunya.

2. Keliling naik kendaraan umum

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki sistem transportasi publik sangat baik dan bertarif murah, yakni mulai dari 80 sen. Anda bisa menjelajahi negara ini sepuasnya dengan memanfaatkan LRT, MRT, dan Monorail untuk perjalanan yang cukup jauh.

Jika berada di pusat Kota Kuala Lumpur, Anda bahkan bisa menumpang GO KL City Bus untuk berkeliling kota secara cuma-cuma. Sementara, untuk jalan-jalan di kawasan yang lebih kecil, pilihlah bus kota ataupun becak.

3. Menginap di B&B atau hostel

Alih-alih memilih hotel populer berbintang, cobalah untuk bermalam di B&B atau hostel lokal. Pengelola B&B atau hostel biasanya langsung berada di sana dan siap menjamu tamunya agar merasa senyaman mungkin. Pada beberapa tempat, pengelola bahkan akan senang mengajak Anda makan bersama sambil berbagi cerita.

Selain itu, tampilan B&B atau hostel biasanya menonjolkan tema unik yang sangat seru untuk dilihat. Selama menginap, Anda juga bisa bersosialisasi dengan tamu-tamu lain yang berasal dari berbagai negara. Bersiaplah bertemu teman seperjalanan yang baru!

4. Mengunjungi destinasi gratis

Tahu kah Anda ada banyak destinasi wisata menarik yang dapat dinikmati secara gratis di Malaysia? Beberapa yang populer misalnya jalan-jalan di taman kota, berkeliling dekat Petronas, menjelajah bukit, ikut tur gratis, nonton bareng di Publika, hingga belanja tanpa bayar di Pasar Percuma.

Ada banyak sumber informasi terkait destinasi lain yang bisa Anda cari lebih lanjut. Selain itu, jangan malu untuk berkenalan dengan berbagai komunitas di Malaysia agar informasi yang didapatkan bisa lebih maksimal.

5. Jelajah sudut kota dengan berjalan kaki

Destinasi wisata tak perlu Anda tempuh dalam jarak yang jauh. Pasalnya, di Malaysia terdapat banyak tempat menarik di setiap sudut kotanya yang bisa ditempuh hanya dalam jarak dekat.

Coba lah untuk menjelajahi berbagai sudut kota di Malaysia dengan berjalan kaki agar lebih memanjakan mata tanpa mengeluarkan biaya transportasi. Jangan ragu untuk mampir sejenak ke berbagai titik yang menarik perhatian Anda selama di tengah jalan. Dengan begitu, Anda akan menemukan hal-hal baru dan menarik yang belum pernah direkomendasikan siapa pun.

Itulah 5 tips wisata hemat saat liburan ke Malaysia. Cari informasi lebih lengkap dari berbagai sumber internet dan orang yang pernah berkunjung ke sana agar bujet liburan Anda lebih minim. Untuk tetap mendapatkan informasi, Anda membutuhkan koneksi internet yang lancar selama menjelajah Malaysia. Anda bisa memilih paket internet yang memiliki tarif terendah seperti operator 3 dengan Paket Roaming Malaysia.

Anda bisa aktifkan Paket Roaming 3 dengan mudah dan cepat melalui aplikasi Traveloka. Tarifnya begitu terjangkau, ada berbagai pilihan paket yang disediakan mulai dari Rp45.000 per hari. Dengan begitu, wisata di Malaysia pun bisa semakin puas dan ramah di dompet!

Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini