5 Cara Menghindari Kelebihan Bagasi Pesawat dengan Layanan Extra Baggage Traveloka

Kelebihan bagasi pastinya menyebalkan dan sering mengubah mood saat berlibur. Anda bisa saja diminta untuk mengeluarkan sejumlah barang dari koper supaya bisa mendapatkan bobot yang sesuai dengan ketentuan dari maskapainya.

Masalah kelebihan bagasi pun jadi semakin rumit lantaran beberapa maskapai penerbangan murah sudah tidak lagi menggratiskan baggage allowance untuk para penumpangnya. Dengan kata lain, setiap kilogram dari barang bawaan Anda harus akan dikenakan biaya untuk masuk ke dalam pesawat.

Nah, ada berbagai cara supaya Anda tidak mengalami kelebihan bagasi saat traveling dengan pesawat terbang. Simak caranya di bawah ini!

1. Memilih Koper yang Ringan

Bobot bagasi bukan hanya dihitung dari isi dalamnya saja, tapi juga bobot koper yang membawanya. Kadang, hal ini dilupakan dan buat banyak orang memilih koper tebal. Memang, koper tebal lebih sulit dirusak dan buat barang Anda di dalam lebih aman dari benturan, tapi buat bobot koper menjadi lebih berat.

Memang selalu ada plus dan minusnya, tapi setidaknya Anda bisa lebih bijaksana saat memilih koper sebelum membelinya. Keamanan tetap jadi yang utama, tapi material yang ringan pastinya punya keuntungan yang lain.

2. Tetap Membawa Tas Ransel atau Jinjing

Untuk mengurangi bobot koper yang dimasukkan ke dalam bagasi, Anda bisa menyimpannya di dalam tas dan membawanya ke dalam kabin. Sebagai informasi, setiap penumpang dipersilakan untuk membawa tas ke dalam kabin hingga 7 kg. Manfaatkan tas untuk menyimpan beberapa barang berharga yang memang punya kebutuhan untuk mudah dimasukkan dan dikeluarkan dengan cepat.

3. Pakai Jaket dengan Banyak Kantung

Ada banyak keuntungan menggunakan jaket di dalam pesawat. Pastinya, jaket akan memberikan kehangatan karena suhu di dalam pesawat cenderung akan turun saat berada di ketinggian tertentu. Belum lagi, jika Anda tertidur di dalamnya. Suhu tubuh akan turun saat Anda tidur.

Memilih jaket dengan banyak kantung juga buat Anda bisa membawa lebih banyak barang di sana. Barang-barang kecil ternyata memang bisa menambah bobot koper juga membawanya dalam jumlah banyak. Namun, jika Anda memasukkannya ke dalam kantung jaket, pastinya tidak akan terlalu merepotkan.

4. Menggunakan Teknik Menggulung Baju

FYI, menggulung pakaian bisa membuat koper memiliki lebih banyak ruang untuk dimasuki oleh barang. Bukan hanya itu, tidak adanya rongga kosong di dalam koper juga akan buat bobotnya tidak terlalu berat. Hitung dengan seksama pakaian yang akan Anda gunakan selama liburan. Ada baiknya juga membawa peralatan mandi dalam bentuk sachet supaya lebih ringkas.

5. Memanfaatkan Layanan Extra Baggage dari Traveloka

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membeli tiket pesawat melalui Traveloka. Salah satunya adalah layanan extra baggage yang bisa digunakan setelah Anda membeli tiket pesawat. Layanan ini memberikan Anda untuk membeli bagasi dan menambahkannya hingga kapasitas tertentu.

Kapasitanya pun bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi, Anda pun bisa lebih tenang untuk membawa banyak barang tanpa takut kelebihan beban bagasi. Cara membelinya pun mudah. Tinggal memilih penerbangan, memasukkan data penumpang, dan memilih layanan extra baggage. Lalu, lanjutkan ke proses pembayaran.

Sebagai Agen travel online terbesar di Indonesia, Traveloka memang selalu memberikan kemudahaan kepada semua orang untuk melakukan perjalanan ke banyak destinasi. Jadi, kapan rencana Anda liburan tahun ini?

Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini