Mesir Tolak Menlu Brasil Terkait Kedubes di Yerusalem

Menlu Brasil Aloysio Nunes Ferreira. (Foto: AFP)

Kairo: Mesir menolak kedatangan Menteri Luar Negeri Brasil Aloysio Nunes Ferreira pekan ini. Awalnya, Ferreira akan diterima oleh Presiden Abdel Fattah el-Sisi.

Penolakan ini terkait dengan rencana Brasil untuk memindahkan kedutaan besar dari Tel Aviv ke Yerusalem. Pernyataan ini dilontarkan oleh presiden terpilih Brasil, Jair Bolsonaro.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa 6 November 2018, seharusnya Ferreira melakukan perjalanan ke Kairo pada 8 hingga 11 November mendatang.

Sumber Kemenlu Brasil yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan, tak ada tanggal baru yang diajukan Mesir, yang menandakan tak akan ada kunjungan Ferreira ke Kairo.

Baca: Presiden Baru Brasil Ingin Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Namun, Kedutaan Besar Mesir di Rio de Janeiro masih bungkam dan tak memberikan keterangan apapun. 

Jika Bolsonaro menindaklanjuti janjinya, Brasil akan menjadi negara ketiga yang memiliki kedubes di Yerusalem, setelah Amerika Serikat dan Guatemala. Paraguay rencananya juga akan memindahkan kedubes setelah presiden barunya, Mario Abdo Benitez, terpilih.

Namun, langkah Bolsonaro ini ditentang oleh sejumlah warga Brasil. Mereka mengatakan, hal itu akan merusak hubungan Brasil dengan negara-negara Muslim.

(WIL)